Thursday, March 17, 2016

Proposal Daur Ulang Plastik

8:41:00 AM // by Rahmat //



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Nama perusahaan                  :       Perusahaan Daur Ulang Limbah Plastik
B.     Alamat perusahaan                :       Jl. Selat Karimata RT. 33 NO. 003
C.     Nama pemilik                        :       Ika Dalu Prasetyawan
D.    Alamat pemilik perusahaan   :       Jl. Selat Karimata RT. 33 NO. 003
E.     Informasi perusahaan            :       Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berusaha mewujudkan lingkungan yang bersih dari sampah dengan melakukan pengolahan sampah  plastik menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis.




BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA

A.   Uraian umum usaha
Perusahaan Daur Ulang Limbah Plastik merupakan perusahaan yang berniat untuk menangani permasalahan sampah di Kecamatan Banjarsari. Dari segi bisnis, perusahaan ini dapat berkembang dengan memproduksi berbagai macam produk seperti : Tas, Unik. Sedangkan dari segi sosial dan lingkungan, adanya perusahaan ini berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya perusahaan ini masyarakat akan tergerak untuk ikut melakukan penghijauan dan kegiatan daur ulang. Sehingga masyarakat pun akan menjadi produktif dan lingkungan pun akan ikut menjadi bersih.

B.     Sejarah dan latar belakang perusahaan
Perusahaan Daur Ulang Usaha berdiri atas dasar keprihatinan terhadap masalah sampah di Kecamatan Banjarsari, kota yang masih kesulitan dalam menangani masalah sampah organik maupun anorganik.
Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi masyarakat sekitar diantaranya:
         Mengolah sampah warga sekitar sehingga tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai.
         Sungai menjadi lebih bersih.
         Meningkatkan produktifitas masyarakat.
         Mengajarkan sifat mandiri pada masyarakat.
         Perusahaan ini juga menganggarkan biaya untuk penghijauan daerah sekitar.
         Membantu petani yang kurang mampu untuk pengadaan pemupukan.
         Menjadi laboratorium bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat.

C.   Keunikan Produk
               Produk dari perusahaan ini adalah kerajinan tas unik. Kerajinan tas ini terbuat dari sampah-sampah plastic  dari masyarakat yang diolah menggunakan teknik yang diciptakan sendiri oleh perusahaan. Kerajinan daur ulang plastic ini juga terbuat dari barang daur ulang yang dimaksimalkan agar dapat menjadi barang yang di inginkan.

BAB III
ANALISIS INDUSTRI

A.     Penelitian dan analisis
1.      Target pasar atau konsumen : target utama pasar merupakan anak remaja
2.      Ukuran produk : dapat dipesan sesuai keinginan
3.      Situasi persaingan : Untuk saat ini, perusahaan kami merupakan perusahaan perdana yang hadir dalam bidang ini sehingga peluang lakunya produk dapat terjamin.
4.      Perkiraan pasar : perkiraan pasar masih sekitar Kota Banjarsari, Bandung, Tasik, dan Jakarta.

B.   Rencana pemasaran
1.      Strategi pasar
   Sebelum menjalankan perusahaan, setidaknya mendapatkan konfirmasi ketertarikan tentang produk yang ditawarkan.
   Mensosialisasikan produk Tas, memberikan harga diskon, dan jaminan uang kembali apabila hasil kurang baik.
   Memilah sampah plastik berdasarkan jenis serta membersihkan dari pengotor untuk meningkatkan nilai jualnya.
   Mengadakan pelelangan untuk sampah plastik sehingga diperoleh harga yang menguntungkan.
2.         Masalah penetapan harga
• Tas Unik
                  Tas Unik adalah produk olahan limbah plastik. Tas Unik yang akan kami hasilkan akan terbagi dalam berbagai kelas. Selain itu kami juga menyediakan Tas dengan harga yang lebih murah untuk kebutuhan sekolah .

Manfaat produk :
-Tas Unik merupakan kebutuhan kalangan remaja.
 
Rencana harga
Berikut ini adalah kisaran harga Tas Unik yang kami tawarkan :
Produk
Harga Eceran
Penjualan Ke Toko
Tas
Rp.100.000,-
Rp.80.000,-


















• Kerajinan daur ulang
 Merupakan suatu barang yang dibuat dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi atau tidak memiliki nilai guna. Sehinnga produk daur ulang kami merupakan barang yang ramah lingkungan.

                                   Manfaat produk : sebagai alat sekolah
                                   Rencana harga    :
Produk
Harga pengecer
Harga konsumen
Kotak pensil
Rp. 2.500,-/pcs
Rp. 4.000,-/pcs
Dompet
Rp. 10.000,-/pcs
Rp. 20.000,-/pcs
Tas gantung
Rp. 5.000,-/pcs
Rp. 8.000,-/pcs

3.      Periklanan dan promosi
Periklanan dilakukan melalui media cetak dan dan siaran televise local. Biaya untuk iklan selama 30 hari adalah Rp 30.000.000,00




BAB IV
ASPEK MANAJEMEN

A.    Tim manajemen
Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
• Satu orang Direktur Utama, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.000.000,- per bulan.
• Satu orang Administrasi dan Keuangan, bertanggung jawab mencatat transaksi dan dokumentasi, serta melakukan analisis keuangan. Administrasi & Keuangan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
• Satu orang Manajer Produksi, bertanggung jawab atas kelancaran proses produksi serta koordinasi karyawan dan perawatan aset. Manajer produksi mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
• Satu orang Manajer Pemasaran, bertanggung jawab dalam kelancaran distribusi produk, perluasan pasar, merumuskan sistem pasar, menangani masalah perijinan, dan mampu menangani segala keluhan pelanggan. Manajer pemasaran mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Tim Pendukung, terdiri dari :
• Dua Belas orang Pembantu Produksi, merupakan pekerja yang membantu dalam proses produksi dengan alokasi karyawan : 2 orang bagian transportasi, 3 orang bagian penggilingan, 2 orang bagian pengemasan, dan 5 orang bagian pembakaran. Pembagian kerja akan dirotasi untuk tiap karyawan dibawah koordinasi manajer produksi. Pembantu produksi dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
• Tiga orang Sopir, merupakan pekerja yang bertugas mengemudikan kendaraan pengangkut dan bertanggung jawab terhadap perawatan kendaraan. Sopir dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
Total kebutuhan dana operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp. 21.500.000,- per bulan.
BAB V
ASPEK RESIKO

A.    Masalah-masalah yang potensial
Masalah-masalah potensial dapat berasal dari dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Masalah dari dalam perusahaan berupa sisa-sisa hasil daur ulang yang benar-benar tidak terpakai lagi sehingga perlu penanganan khusus untuk mengolahnya. Sedangkan masalah dari luar yaitu dari warga sekitar yang mungkin saja merasa tidak nyaman dengan bau sampah yang ada sehingga warga sekitar bisa menuntut agar perusahaan kami dihentikan.

B.     Resiko dan hambatan
Hambatan dalam  berbisnis daur ulang sampah adalah kesulitan dalam memilah antara sampah organik dan anorganik. Dengan resiko seperti ini memungkinkan biaya lebih untuk mengolahnya. Tetapi jika pengolahan tidak tepat, kemungkinan daur ulang sampah tidak akan menjadi bagus karena tercampurnya antara sampah organik dan anorganik

C.     Tindakan alternatif
Melakukan sosialisasi yang lebih masyarakat sekitar bahwa daur ulang sampah merupakan hal yang sangat membantu dalam membersihkan lingkungan. Selain itu, kami akan mengajarkan bagaimana cara mendaur ulang sampah secara tepat dengan jenis sampahnya. Agar nantinya pekerjaan daur ulang sampah bisa menjadi mata pencaharian sampingan atau bahkan menjadi sumber utama mata pencaharian warga sekitar perusahaan
Untuk mengatasi pemisahan sampah yang sulit, maka kami membuat departemen khusus dalam perusahaan yang betugas memisahkan berbagai macam jenis sampah. Seperti sampah logam besi dalam dedaunan atau sayur busuk akan dipisahkan melalui cara diberi magnet listrik agar sampah organic menjadi steril dalam pengolahan lanjutan menjadi pupuk organik.



BAB VI
ASPEK FINANSIAL

A.     Perkiraan finansial

1.       Modal investasi
-          Modal mesin produksi                                              :    Rp   40.000.000,00
-          Modal alat-alat administrasi                                      :    Rp     2.000.000,00
-          Modal pembangunan gedung                                    :    Rp 200.000.000,00
TOTAL                                                                        :    Rp 242.000.000,00
2.      Modal kerja
-          1 orang direktur utama                                             :    Rp    2.000.000,00/bulan
-          1 orang administrasi keuangan                                  :    Rp    1.500.000,00/bulan
-          1 orang manajer produksi                                         :    Rp    1.500.000,00/bulan
-          12 orang pembantu produksi                                    :    Rp   12.000.000,00/12 orang/bulan
-         3 orang sopir                                                             :    Rp    3.000.000,00/3 orang/bulan
TOTAL                                                                        :    Rp   20.000.000,00
3.     Modal operasional
-          Biaya instalasi listrik                                                  :    Rp    5.000.000,00
-          Biaya instalasi air                                                      :    Rp    2.000.000,00
-          2 unit mobil bak terbuka                                           :    Rp 150.000.000,00/2 unit
-          3 unit motor                                                             :    Rp   40.000.000,00/3 unit
TOTAL                                                                        :    Rp 197.000.000,00
B.     Sumber-sumber penggunaan dana
1.      Rencana anggaran
Dilihat dari total biaya aspek finansial, maka kami menganggarkan modal awal sebesar Rp 500.000.000,00
2.      Penganggaran finansial
Jadi, total penganggaran finansial adalah Rp 242.000.000,00 + Rp 20.000.000,00 + Rp 197.000.000,00 = Rp 459.000.000,00


                                                                                                                               
BAB VII
LAMPIRAN


Surat-surat
-          Surat Izin Gangguan  (HO)
-          Surat Izin Usaha Perdagangan  (SIUP)
-          Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
-          Izin Mendirikan Bangunan (IMB)